Minggu, 14 Oktober 2012

RESUME BUKU BERJUTA RASANYA

LOVE Ver 7.0 dan MARRIED Ver 9.0

Pada bagian ini menceritakan tentang kisah seorang manusia bernama Jun yang berkunjung ke sebuah kota yang sangat maju baik dibidang teknologi maupun sosial. Kota itu sangat maju teknologinya bahkan teknologi-teknologi yang belum ada dijaman sekarang (kehidupan nyata). Misalnya teknologi mobil terbang, rumah apung, lampu tenaga udara, pil anti lapar, suntikan seribu penyakit dan lain sebagainya yang dianggap sulit di dunia tetapi di kota itu ada.
Tetapi dibalik kemajuan teknologi, ada masalah yang sangat penting disana yaitu kecilnya angka pernikahan. Apabila angka pernikahan kecil maka angka kelahiran juga kecil dan apabila itu terjadi maka akan timbul suatu pertanyaan, siapakah yang akan melanjutkan atau mewarisi kemajuan teknologi yang dimiliki oleh kota itu. Masalah dari kecilnya angka pernikahan ini yaitu adalah terlalu sibuknya para pemuda yang ada di kota itu sehingga tidak memiliki waktu untuk pacaran dan bahkan melangsungkan pernikahan. Para pemuda lebih memilih bekerja keras daripada berpacaran. Bagi suatu kota yang sangat maju tersebut hal itu adalah suatu masalah apabila tidak ada penerus dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu para tertua berpikir keras dan melakukan berbagai penelitian untuk menemukan kunci dari permasalahan itu.
Akhirnya ditemukanlah jawaban dari masalah itu yaitu menggunakan software yang bernama LOVE versi 7.0. software ini sistemnya seperti game-game virtual biasa. Software ini dapat membantu para pemuda di kota itu untuk berpacaran. Jadi pemuda tersebut hanya memasukan identitas dan ciri-cirinya serta sifatnya dan tipe pendamping yang diinginkan. Setelah semua persyaratan sudah diinput ke software tersebut maka dunia virtual itu akan menjalankan kehidupan sama persis dengan kehidupan yang ada di dunia nyata.
Setelah permainan tersebut mencapai level 9 maka sang pemuda tersebut dapat melakukan pertemuan dengan pendaping yang ia suka pada permainan tersebut. Bahkan sang pemuda itu dapat melihat semua kegiatan yang dilakukan oleh dirinya yang ada di dunia virtual tersebut. Tetapi setelah berlangsung kira-kira 6 bulan lamanya, timbul permasalahan baru yaitu pernikahan. Para pemuda itu merasa tidak memiliki waktu untuk melakukan pernikahan dikarenakn kesibukan yang ia miliki di kehidupan nyata.
Masalah itu mulai diteliti lagi oleh para tertua untuk menemukan jawabanya. Dan akhirnya sekitar beberapa lama para tertua menemukan jawabannya dan disusunlah sebuah software yang bernama MARRIED versi 9.0. software ini sistemnya sama dengan LOVE versi 7.0 hanya saja software ini bukan melakukan pacaran tetapi melakukan resepsi pernikahan. Mulai dari ruang pernikahan, resepsinya, susunan acaranya bahkan waktu bulan madu serta sampai memiliki rumah kecil pun dirancang sedemikian rupa hingga menyerupai kehidupan nyata.
Dan akhirnya system cintanometer yang dulu dipakai sebelum software LOVE ver 7.0 dan MARRIED ver 9.0 telah digantikan. Sekarang kehidupan di kota itu telah sangat mudah bahkan mereka telah mengembangkan system bayi tebung bayi-bayi dapat diproduksi seperti makanan dan setelah bayi-bayi itu lahir, mereka langsung diasuh dengan system adopsi yang sangat maju.
Pada suatu ketika tertua mengadakan suatu acara di kota tersebut. Saya (Jun) datang ke sana dengan maksud untuk mencari pasangan hidup. Ketika berkenalan saya baru tau di kota tersebut telah menggunakan system yang sangat canggih dalam hal percintaan. Saya (Jun) merasa menjadi orang yang sangat bodoh dan ketinggalan jaman di kota itu. Tetapi saya merasa kasihan kepada mereka karena tidak dapat atau bahkan tidak pernah mersakan keindahan dari sakit hati dan jatuh cinta. Karena sakit hati walau sangat menyedihkan tetapi itu adalah suatu bukti bahwa kita itu manusia yang memiliki hati dan perasaan.
“Lebih baik sakit hari sejuta kali, dikhianati berates juta kali atau ditinggalkan bermiliar-miliar kali oleh pasangan daripada mengalami kehidupan cinta seperti mereka”(JUN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar